CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 27 Mei 2014

asal muasal angin

** Inilah Asal Muasalnya Angin **

Kalau kita meniup nafas ke kincir kertas, angin membuat kincir berputar. Ketika kita mengipas-ngipas kertas ke wajah, udara sejuk yang kita rasakan adalah angin. Jika kita ingin bermain layangan, angin lah yang kita tunggu supaya layang-layang bisa naik ke angkasa. Tapi bagaimana cara terbentuknya angin?

Pada dasarnya angin adalah udara yang bergerak. Ketika matahari bersinar, udara akan memanas dan bergerak naik. Udara panas yang naik digantikan oleh udara dingin. Kemudian matahari memanaskan juga udara yang dingin sehingga menjadi panas dan bergerak naik juga. Udara dingin yang baru lalu menggantikan udara yang sudah panas tadi. Nah, gerakan udara yang bergerak bergantian disebut aliran udara. Aliran udara inilah yang menghasilkan angin.

Tetapi apakah kalian tahu kenapa udara yang panas bergerak naik? Kenapa tidak turun saja? Udara bila dipanaskan akan memuai. Udara yang memuai menjadi lebih ringan dan akhirnya bergerak naik. Sama seperti balon udara yang diisi dengan panas dari api. Ketika balon dipenuhi udara panas maka dia akan naik ke udara.
Sekarang pertanyaannya: kenapa udara yang memuai bisa menjadi lebih ringan?

Ketika udara memuai, tekanan udara turun. Jumlah udara menjadi lebih sedikit. Itu sebabnya dia menjadi lebih ringan. Udara sejuk yang ada di sekitar mengalir ke tempat yang bertekanan rendah, itu sebabnya udara dingin bergerak ke bawah menggantikan udara panas. Aliran naik turunnya udara panas dan udara dingin disebut konveksi. [sumber: kidnesia.com / wikipedia]

0 komentar:

Posting Komentar