CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 22 November 2012

Belajar Bahasa Inggris dengan Otak Kanan


MENGUASAI BAHASA INGGRIS DENGAN MUDAH DAN CEPAT MELALUI PENYERAPAN OTAK KANAN

Di tulisan saya sebelumnya yang saya beri judul Otak kanan = Otaknya Orang Bejo, Saya sudah membahas panjang lebar mengenai kedahsyatan otak kanan manusia, di sana saya juga mengatakan bahwa dengan dominan ke otak kanan kita bisa lebih mudah dan lebih cepat untuk mempelajari dan menguasai sesuatu hal di bandingkan dengan otak kiri. Mengapa? Itu karena otak kanan kita lebih bermain-main ke imajinasi dibandingkan otak kiri yang menggunakan Teori. Sebagai contohnya begini saja, coba kita ingin belajar naik mobil. Jika kita hanya mempelajari tentang fungsi kopling, cara memindahkan gigi, dan sebagainya, tentu kita akan lama untuk menguasainya. Tapi jika kita langsung praktekkan ke jalan raya, Mungkin dalam waktu seminggu asal kita rutin kita bisa cepat menguasainya. Yah! Cara belajar dengan otak kanan lebih menjurus ke praktek dibandingkan memahami teori.

Begitupun untuk menguasai bahasa inggris, akan lebih cepat pula jika kita lebih mengedepankan praktek ketimbang teori atau menghapal arti kata per katanya.

2 DASAR BELAJAR MENGUASAI BAHASA INGGRIS

Dalam memahami bahasa inggris, pada dasar mempelajarinya kita hanya perlu melakukan dua hal, yang pertama adalah belajar "Bicara" bahasa inggris, dan yang kedua adalah belajar menulis atau mengartikan tulisan bahasa inggris. 

Kebanyakan orang bisa "bicara" bahasa inggris tapi tidak bisa menulis atau mengartikan tulisan bahasa inggris. Ini wajar karena "bicara" bahasa inggris akan lebih bermain-main dengan otak kanan, sementara menulis atau mengartikan tulisan bahasa inggris biasanya akan lebih bermain-main ke otak kiri. Disini saya akan bagikan dua cara yang biasa saya lakukan dalam belajar "bicara" dan "mengartikan tulisan" bahasa Inggris dengan otak kanan.

Praktek belajar "Bicara" bahasa Inggris dengan otak kanan

cara belajar memahami bicara bahasa inggris dengan otak kanan

Dalam praktek belajar "bicara" bahasa inggris dengan otak kanan adalah dengan cara memperhatikan setiap detail bahasa tubuh dari seseorang yang berbicara bahasa Inggris. Akan lebih mudah jika Anda sering berkumpul dengan orang-orang bule, atau Anda pergi ke negara Inggris atau negara yang gaya bahasanya menggunakan bahasa Inggris. Semakin sering kita berkumpul dengan orang-orang yang gaya bahasanya menggunakan bahasa Inggris akan semakin cepat kita mendapat pengaruhnya.

Saya orang jawa dan punya kakak ipar orang lampung, Kakak ipar saya tinggal bersama keluarga saya yang bahasa kesehariannya menggunakan bahasa jawa. Tanpa mempelajari rumus-rumus atau kursus, Kakak ipar saya sekarang sudah sangat fasih berbicara bahasa jawa. Inilah contoh mempelajari bicara suatu bahasa dengan otak kanan kita.

Tapi saya tidak punya teman orang bule??? Tapi saya tidak punya uang untuk pergi ke Inggris??? Tapi Anda punya TV dirumah kan??? Sering-seringlah lihat Film Hollywood, dan jangan pernah membaca terjemahannya.

Praktek "Menulis" atau "Mengartikan Tulisan" bahasa Inggris dengan otak kanan

Cara belajar memahami tulisan bahasa Inggris dengan otak kanan

Untuk praktek menulis atau mengartikan tulisan bahasa Inggris sama seperti praktek bicara di atas. Carilah buku-buku, koran atau situs-situs yang berbahasa Inggris, Meskipun Anda tidak mengerti, Jangan pernah untuk berhenti membaca. Selesaikan membaca hingga akhir tulisan.

Anda bisa menganggap bahwa Anda adalah anak kecil yang sedang membaca koran bahasa Inggris (seperti gambar di atas). Karena anak kecil adalah orang yang paling dominan dalam menggunakan otak bagian kanan, bahkan di beberapa sumber ada yang menyebutkan bahwa otak kanan sama dengan otaknya anak kecil. Jadi jangan heran mengapa anak kecil paling cepat dan tanggap ketika mempelajari sesuatu. Karena anak kecil selalu menggunakan otak kanannya!, Karena anak kecil selalu mengimajinasikannya ketika mempelajari sesuatu!.

Otak kanan merespon suatu bahasa dengan menggunakan gambaran bukan Teori

Mungkin terlihat konyol, Bagaimana kita bisa memahami orang bicara tanpa kita tau artinya? bagaimana bisa kita memahami tulisan tanpa memahami artinya? Mungkin itu yang akan menjadi perdebatan disini.

Cara kerja otak kanan mempelajari suatu hal adalah dengan menggambarkan atau mengimajinasikannya di dalam benak, lalu dari gambaran itu akan secara otomatis mengeluarkan arti. Sebagai contoh ketika ada seseorang yang mengucapkan kata "I Love You", Saat mengucapkan kata "I" ia menunjuk ke dirinya, saat mengucapkan kata "Love" ia menunjuk dadanya, Saat ia menunjuk "You" ia akan menunjuk lawan bicaranya. Bagaimana jika orang yang mengucapkan kata "I Love You" itu tidak punya kedua tangan? Anda bisa melihat dari matanya??? Bagaimana kalau buta??? Anda bisa melihat getarannya!..

Lalu bagaimana dengan tulisan??? Jika telinga Anda sering mendengar seseorang mengucapkan kata "Ai Lop Yu" maka ketika Anda menemukan tulisan "I Love You" Anda akan langsung mengerti. Nanti Anda akan berkata "oh tulisan "Ai Lop Yu" itu ternyata hurufnya "I Love You" !! "..

Jadi jika Anda ingin cepat memahami tulisan bahasa inggris, Anda juga harus sering memperhatikan atau mendengar seseorang berbicara bahasa Inggris. Berbeda jika Anda hanya ingin memahami "bicara" bahasa inggris, Anda tidak perlu membaca tulisan bahasa inggris. Karena "bicara" sendiri sudah dalam bentuk gambaran, dan gambaran lebih cepat diserap oleh otak kanan. Sedangkan tulisan termasuk dalam bentuk teori atau otak kiri.
Pada dasarnya semua gaya bahasa itu ada beberapa kata yang paling sering di ucapkan dalam kesehariannya atau dalam bahasa Inggris disebut dengan daily activities, Misalnya bahasa Indonesia. Kata-kata yang paling sering di ucapkan contohnya; yang, kemana, dimana, dan, untuk, kamu, saya, jika, hanya, dengan, atau, dll . Begitu pula dengan bahasa inggris, contoh kata-kata bahasa inggris yang paling sering di ucapkan adalah : reply, Go, with, To, For, You, I, The, etc.

Nah dengan demikian nantinya otak kanan akan menangkap bahwa sebanarnya orang atau tulisan bahasa Inggris itu hanya itu-itu saja yang di ucapkan. Sementara kata-kata yang jarang diucapkan akan membutuhkan beberapa waktu untuk menangkap maknanya.

Membiasakannya adalah kunci utama cepat menguasainya

Jika Anda sudah mengerti dengan apa yang saya tuliskan di atas, Tugas Anda selanjutnya adalah membiasakannya. Anda tidak akan langsung bisa menguasai bahasa Inggris hanya dengan waktu satu hari. Karena dalam psikologis manusia butuh waktu untuk mengadaptasikan sesuatu.

Jadi berapa cepat saya menguasainya????? Saya tidak tau, Yang saya tau dengan pasti adalah semakin sering Anda membiasakannya akan semakin cepat Anda menguasainya. Jika dalam sehari Anda bisa membaca satu buku bahasa inggris tanpa mencoba mencari tau artinya, Dan Jika dalam satu hari Anda dapat menonton 10 kali film Hollywood tanpa memahami artinya, kemunggkinan dalam dua minggu Anda akan memahami keseluruhan bahasa inggris. Jadi cepat atau tidaknya Anda menguasai adalah tergantung dari Anda sendiri. Namun hanya dengan otak kanan segala sesuatu akan cepat mudah diserap.

0 komentar:

Poskan Komentar